Kompolnas Desak Polisi Tangkap Pelaku Pelecehan Seks di Jatinegara - Kabaru

Kompolnas berharap polisi segera menangkap pelaku kekerasan seksual di Jatinegara, Jakarta Timur.

Kompolnas Desak Polisi Tangkap Pelaku Pelecehan Seks di Jatinegara

Kompolnas Desak Polisi Tangkap Pelaku Pelecehan Seks di Jatinegara
Screenshot potongan rekaman CCTV diduga aksi pelecehan seksual di Jatinegara. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Kompolnas berharap polisi segera menangkap pelaku kekerasan seksual di Jatinegara, Jakarta Timur. Kasus tersebut terekam CCTV sekitar lokasi, seorang wanita yang tengah berjalan dibekap dan diremas payudaranya.

"Saya sangat prihatin dengan kejadian tersebut dan berharap aparat kepolisian dapat menangkap pelakunya dan memproses hukum yang bersangkutan. Aparat kepolisian diharapkan melakukan lidik sidik secara profesional," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat dihubungi detikcom, Senin (12/2/2018).

Ia mengatakan adanya bekal CCTV di lokasi dapat dijadikan bukti petunjuk untuk menangkap pelaku. Video itu bisa untuk memeriksa saksi dan korban yang berada di lokasi.

"Adanya CCTV yang sempat merekam kejadian tersebut dapat dikembangkan dengan mendengarkan keterangan saksi-saksi, termasuk saksi korban. Saya berharap saksi korban dan saksi-saksi dapat mengingat atau mengenali wajah pelaku sehingga mudah dibuat sketsa wajah untuk identifikasi pelaku jika yang bersangkutan bukan orang yang dikenali korban atau saksi, dan memudahkan aparat kepolisian untuk menangkapnya," jelas Poengky.

Ia mengatakan kejahatan seksual harus ditindak tegas oleh aparat penegak hukum karena perempuan dilecehkan. Polisi diharapkan mampu memberikan hukuman yang dapat mengakibatkan efek jera terhadap pelaku agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

[Gambas:Video 20detik]

"Kejahatan pelecehan seksual terhadap perempuan harus ditindak tegas, karena bersifat merendahkan harkat dan martabat perempuan serta mengakibatkan trauma berkepanjangan. Dengan menjatuhkan hukuman berat akan menimbulkan efek jera bagi pelaku dan orang-orang yang berniat melecehkan perempuan," kata Poengky.

"Polri diharapkan berada di garda terdepan untuk melakukan pengayoman, perlindungan dan pelayanan terhadap korban serta menegakkan hukum dengan memproses pidanakan pelaku," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi pelecehan seksual tersebut terjadi di sebuah gang permukiman warga di Cipinang, Jatinegara, sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (6/2). Korban telah melaporkan kejadian itu ke polisi.

Dalam perekembangan kasus, polisi telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara TKP). Tiga orang saksi dimintai keterangan terkait kasus itu.

"Kita sudah olah TKP. Kita sudah periksa tiga saksi. Kita dalami laporan dari korban dan saksi siapa itu pelaku," kata Kapolsek Jatinegara Kompol Supadi di Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (12/2/2018).
(yld/jor)